Pagi ini seorang kawan berbagi tanya :

Bagemana sih kita bisa yakin kalo kita beli barang dan kirim uang, dan penjual online menepati janjinya

Tentu saja jawabannya ndak bisa sederhana ; namun tentu saja dibutuhkan lebih dari sekedar tampilan website untuk menegaskan presence online sebuah webstore.

Di dunia OL, semua orang bisa menjadi anonimus, satu hal yang sangat dihindari dunia keuangan (Bank).

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menegaskan presence online kita setara dengan presence offline

Mari kita mulai dari yang termurah

1. Testimoni : hal yang sering dipake untuk menandaskan bahwa service adri website ybs ok dan website ysb ada serta bisa dipercaya, testimoni ini biasanya bisa didapat dari pemake service yang pernah memakenya.

2. Backlink : hal yang juga suka digunakan karena tidak memerlukan beaya banyak cukup sering berselancar dan memberikomen serta membuat statement aneh maupun yang bermanfaat, di tempat lain, cara ini juga ampuh untuk menaikan SEPR.

3. review : cara yang memerlukan beaya, dengan meminta orang lain melakukan review atas service dan barang web ybs. tentu saja harus ada dana buat mbayar orang lain ber kata baik.

4. Paid membership di portal cara yang memerlukan dana cukup besar, juga memerlukan trik untuk mendapatkan return baik. dengan pembayaran COD

5. Membayar pihak ketiga yang sangat profesional akan keberadaan offline (yang utama) dan keberadaan online: tentu syarat utama adalah beaya.

6. Sistem pembayaran yang memungkinkan di bayar di tempat atau C.O.D. seperti toko online 2langkah aau toko online yang menjual venetian mirror seratjati.com

keuntungan kerugian :

1. Paling murah nah tentu juga paling ndak kredibel, Banyak testimoni yang cuma akal2an dibuat sendiri oleh pemilik web terutama yang ndak memberi link ke alamat pembuat testimoni. bisa dipake buat webstore namun ndak terlalu berarti kalu menyinggung soal keamanan pembayaran/keuangan.

2. agak murah namun juga kurang artinya buat webstore, berarti sekali kalo buat memancing PR. atu buat mendongkrak pengunjung.

maaf diteruskan besok besok……………………………